Rp 6,2 Milliar DAK Disalurkan

Rp 6,2 Milliar DAK Disalurkan

\"Dana

TAIS, Bengkulu Ekspress- Dana alokasi khusus (DAK) bidang pendidikan tahun 2017 ini sebesar Rp 6,2 milliar segera disalurkan ke seluruh sekolah penerima. DAK 2017 di Dinas Pendidik dan Kebudayaan (Dispendikbud) ini digunakan untuk rekab ruang kelas (RK) serta pembangunan laboratorium dan ditambah untuk peningkatan mutu pendidikan.

“Sekarang sedang dalam proses pencarian, segera dikucurkan ke seluruh sekolah penerima yang sudah ditetapkan oleh tim,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Seluma Muksir Ibrahim SPd melalui Kasubag Keuangan Marini SE kepada BE. Untuk Sekolah Dasar (SD) besaran Dana DAK yang diterima Rp 2,5 milliar. Ada delapan SD yang tersebar di wilayah Kabupaten Seluma tercatat sebagai penerima DAK 2017.Dana ini diberikan untuk SD yang memang sangat membutuhkan dana rehab. Untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) besaran dana DAK yang diterima sebesar Rp 2,6 milliar. Dengan jumlah sekolah penerima sebanyak 6 SMP. Satu diantaranya untuk pembangunan laboratorium. Serta selebihnya untuk rehab ruang kelas.

“Dispendikbud Seluma sudah membentuk tim verifikasi. Tim ini yang turun memeriksa sekolah yang dianggap layak menerima atau tidak,” ujarnya. Berdasarkan proposal pengajuan yang sudah disampaikan ke sekolah. Hasil dari verifikasi ke sekolah kemudian disampaikan kepada Kadispendikbud serta Bupati Seluma untuk penetapan surat keputusan (SK) sekolah penerima DAK. Dari total dana DAK tahun 2017 ini sebesar Rp 6,2 milliar, sebesar Rp 5,1 milliar digunakan untuk fisik. Sisanya digunakan untuk peningkatan mutu pendidikan. Termasuk untuk pengadaan buku penunjang pendidikan di sekolah.

“Sebenarnya masih banyak sekolah yang membutuhkan rehab kelas, tetapi kami memilih yang paling prioritas dan mendesak untuk segera direhab,” pungkas Marini. (333)  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: